Minggu, 04 Juni 2017

Penyebab Remaja Menggunakan Narkotika Dan Cara Mengatasinya



Penyebab Remaja Menggunakan Narkotika Dan Cara Mengatasinya - Narkotika adalah obat - obatan yang sering disalahgunakan baik oleh remaja ataupun orang dewasa, narkotika sendiri sangatlah berbahaya bagi tubuh kita, selain membuat kecanduan bisa membuat tubuh kita menjadi tidak sehat.

Parahnya, kebanyakan orang di Indonesia pemakai narkoba adalah remaja dan tidak sedikit juga orang - orang meninggal dikarenakan penyalahgunaan narkoba, sangat ironis sekali bukan? hal ini menjadi cambukan bagi para orang tua yang belum bisa sepenuhnya mendidik anak sehingga anak tersebut masuk kedalam jurang yang menjerumuskannya.

Lalu, apa saja Penyebab Remaja Menggunakan Narkotika Dan Cara Mengatasinya? Tentu saja kita akan bahas artikel ini secara rinci di bawah ini.


  • PERGAULAN
Pergaulan adalah penyebab yang sangat mendasar ketika anak terjerumus dalam dunia narkotika, bagaimana tidak, jika pergaulan pada masa remaja dikelilingi oleh pengguna narkoba lainnya otomatis yang tidak menggunakan narkotika akan mencoba dikarenakan penasaran. 

  • KURANGNYA BIMBINGAN DARI KELUARGA
Jika orang tua sibuk bekerja dan tidak mempunyai waktu untuk mengobrol serius pada anaknya, jangan salahkan jika anak tersebut terjerumus dalam narkotika karena kurangnya bimbingan dari pihak keluarga. Tidak ada salahnya para orang tua membimbing anaknya, apalagi jika pada masaremaja. karena masa remaja adalah masa dimana seorang anak ingin mencoba hal hal yang baru. 

  • PENGETAHUAN AGAMA SANGATLAH PENTING
Agama adalah dasar hidup kita, jika seseorang ahli agama tidak mungkin terjerumus, karena dalam setiap agama melarang untuk merusak diri sendiri, tentunya jika seorang remaja kurang pemahaman dalam keagamaan kemungkinan besar remaja tersebut akan terjerumus.

Cara Mengatasi Jika Remaja Terjerumus Dalam Narkotika

  • INGATKAN, NARKOBA TIDAK BAIK
Pada tahap awal pihak orang tua sebaiknya mengingatkan bahwa narkoba itu tidak baik, selain tidak baik narkoba bisa menghancurkan masa depannya. Cobalah memberitahu dan mengingatkan dengan lembut tanpa kekerasan.

  • REHABILITASI
Rehabilitasi adalah cara yang lumayan berguna, namun tidak menjamin bisa 100 persen memulihkan remaja dalam dunia narkotika. Namun, apa salahnya jika orang tua merehabilitas anaknya demi masa depan anak tersebut agar bisa lebih baik.

  • JAUHKAN DARI PERGAULAN LAMA
Jika anak tersebut selesai di rehabilitasi pihak orang tua segera menjauhkan anak tersebut dari masa lalunya, bisa dengan mendaftarkan ke sekolah keagamaan atau bisa dengan membatasi waktu main anak tersebut, jika begitu tidak ada orang yang akan mempengaruhi anak tersebut untuk memakai narkoba lagi.



EmoticonEmoticon